SELAMAT DATANG DI BLOG MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2009 B, SEMOGA APA YANG KAMI APRESIASIKAN DIBLOG INI DAPAT BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUANYA...!!!

Selasa, 29 November 2011

ANALISIS WEB PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ASSURE


1.      Analyse Learner
a.       Karakteristik umum
Sekolah                             : SMK Hang Tuah 1- Surabaya
Kelas                                 : X
Semester                            : II
Jumlah Siswa                    : 45 (L=24,P=19)

b.      Spesifikasi Kemampuan awal
Siswa mampu mengopersaikan computer
Siswa mampu melakukan management file
Siswa mampu menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Kemampuan dasar siswa sebelum menggunakan website penggunaan internet
Siswa dapat menggunakan kegunaan internet

c.       Gaya Belajar
Siswa SMK Hang Tuah 1 memliki gaya belajar visual yang meliputi:
1.    Senantiasa berusaha melihat bibir guru yang sedang mengajar.
2.    Saat mendapat petunjuk untuk melakukan sesuatu, siswa akan melihat teman-teman lainnya baru kemudian dia sendiri yang bertindak.
3.    Cenderung menggunakan gerakan tubuh (untuk mengekspresikan dan menggantikan kata-kata) saat mengungkapkan sesuatu.
4.    Tak suka bicara di depan kelompok dan tak suka pula mendengarkan orang lain.
5.    Kurang mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan.
6.    Lebih suka peragaan daripada penjelasan lisan.






2.      State Objective
Standard Kompetensi
           : Melakukan Kompetensi dasar computer
Kompetensi dasar                   : menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Indikator pencapaian           :
a.       siswa mampu membuat dokumen baru
b.      siswa mampu menyimpan dokumen yang telah dibuat
Tujuan           : Setelah mengikuti pembelajaram online ini, siswa diharapkan :
Mengenal Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata  

3.      Select media, Method anddesign materials
a.      Method
Dalam Web Pembelajaran ini akan Dalam Web Pembelajaran ini akan digunakan adalah metode Inqury. Dimana siswa akan menemukan sendiri pengertian / pemahaman  yang mereka maksud dengan keaktifan mereka melakukan praktek dan tanya jawab dengan guru maupun teman. Dengan web pembelajaran ini, siswa akan memahami sendiri tentang konsep pembelajaran TIK dengan judul memodifikasi halaman dengan cara membuka link video dan link materi yang telah disiapkan dalam web pembelajaran tersebut. Setelah menguasai materi ini, siswa diharapkan dapat menguji penguasaan materi dengan masuk dalam menu evaluasi dan akan diberikan soal-soal yang dapat menguji pemahaman mereka.
b.      Media
Dalam pembelajaran ini media yang digunakan yaitu:
a.      video  : untuk materi membuat lembar kerja baru pada program pemngolah kata dan menyimpan dokumen yang telah dibuat.
b.      Materi PDF : untuk penjelasan materi pembuatan lembar kerja dan menyimpan dokumen yang telah dibuat.
c.       Materials
·         Razaq, Abdul, SPI. 2007. Belajar Sendiri Ms. Office Word 2007. Indah (anggota IKAPI). Surabaya.
·         Laksono, Adi. 2004. 7 Jam Belajar Word 2003 untuk Orang Awam. CV, Maxikom. Palembang.


4.      Utilize  Media and Material
Dalam memanfaatkan materi yang ada, yang perlu dilakukukan yaitu:
Preview Material Materi yang digunakan sebagian besar diambil dari BSE TIK yang sudah sesuai dengan tujuannya ditambah dengan beberapa artikel dari internet yang diberi sedikit modifikasi.

a.      Prepare material
PETA KONSEP



b.      Kesiapan Media
Dalam pembelajaran ini beberapa alat yang harus dibutuhkan akan membuka website ini, maka Komputer harus mempunyai spesifikasi sebagai berikut :
Operating Sistem : Microsoft Windows (Windows 98/ Windows XP/ Windows Vista, dan Windows 7)
Sound Card
Prosesor Intel Pentium 4 (2.4 Ghz)
Memory DDR2 512Mb
HDD 40Gb
Ethernet/LAN Card tambahan 1 buah
Memory VGA minimal 16 Mb
Koneksi Internet sudah connect ke computer / PC dengan kecepatan minimal 512 Kbps
Ukuran Screen monitor minimal 1024x768 px
Terdapat Internet Explorer / Mozila sebgagai search engine
Adobe Plugin agar dapat digunakan untuk melihat video
Adobe Reader / Foxit sebagai program pembuka format pdf

·         Persiapan media
Video :
§  Persiapan                   : a. Siapkan Laptop / Komputer
   b. Siapkan jaringan internet untuk mengakses web pembelajaran.
§  Langkah-langkah      : a.  Buka web pembelajaran
  b.  Klik link video yang telah di sediakan pada menu utama.
   c.  Setelah muncul, pilih download atau lihat. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Pdf :
§  Persiapan                   : a. Siapkan Laptop / Komputer
   b. Siapkan jaringan internet untuk mengakses web pembelajaran.
§  Langkah-langkah      : a.  Buka web pembelajaran
  b.  Klik link materi yang telah di sediakan pada menu utama.
   c.  Setelah muncul, pilih download atau lihat. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

c.       Persiapan siswa
Siswa harus mempersiapkan beberapa hal sebelum membuka web pembelajaran, yaitu:
o   Siswa harus mempersiapkan buku panduan TIK/ modul
o   Laptop/ Komputer sebagai media
o   Jaringan internet sebagai penghubung agar dapat mengakses web pembelajaran secara online.
d.      Persiapan lingkungan
Yang harus di persiapkan yaitu komputer dengan program MS. Word 2007 sebagai pembelajaran dasar.


e.       Pengalaman yang dimunculkan
Siswa dapat melakukan secara langsung atau prakek langsung pada komputer yang ada di depan mereka masing-masing setelah mempelajari web pembelajaran ini.

5.      Require learner participation
Partisipasi yang ada di website Pembelajaran ini terdiri dari :
a.       Siswa
-          Siswa mempelajari materi tentang membuat Dokumen baru
-           Melakukan diskusi interaktif melalui chat room
-          Mengerjakan Kuis berupa tugas Harian
-          Memberikan comment pada materi yang ada pada Web Pembelajaran
b.      Pengujung
-          Mengisi buku tamu
-          Memberi masukan terhadap web pembelajaran ( Desain Web)
-          Memberi masukan terhadap web pembelajaran ( Isi Materi )
6.      Evaluation
Evaluasi pada Website Pembelajaran ini yang membahas materi tentang membuat lembar kerja baru dan menyimpan dokumen, yaitu :
a.       Evaluasi Siswa
Kisi-kisi :
Ø  Siswa melakukan pembuatan dokumen baru melalui menu office button, Ikon New dan cara cepat dengan Ctrl+N
Ø  Siswa melakukan penyimpanan dokumen yang telah dibuat melalui menu office button, Ikon Save dan cara cepat dengan Ctrl+S
a.       Soal- soal
Multiple Choice yang terdiri dari
Ø  Soal langkah- langkah pembuatan dokumen baru
Ø  Soal langkah- langkah menyimpan dokumen yang telah dibuat
ESSAY yaang terdiri dari
o   2 soal tentang penjelasan Keterangan penilaian:
▪ MultupleChoice di kali 10 per jawaban benar
▪ Essay nilai maksimal per-soal 20(nilai tergantung pada proporsi kebenaran jawaban)

Penilaian yang dilakukan adalah sebagai berikut
No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Mendemontrasikan cara membuat dokumen baru




2
Mendemontrasikan cara menyimpan dokumen baru dengan nama file baru




3
Dengan bimbingan guru siswa mempraktekkan cara membuat dokumen baru




4
Keterampilan menggunakan fasilitas yang ada pada publiser




5
Dengan bimbingan guru siswa mempraktekkan cara menyimpan dokumen baru dengan nama file baru




Rata-rata




Kriteria
Sangat baik >= 12 kali           konversi nilai >90
Baik >= 8 kali                         konversi nilai 90 – 80
Cukup >= 6 kali                     konversi nilai 80 – 70
Kurang < 6 kali                      konversi nilai 40 – 60
b.      Evaluasi Guru
     Kisi-kisi :
                                                          i.          Guru  memberikan feedback ketika ada saran
                                                        ii.          Guru memberikan jawaban ketika ada pertanyaan
c.       Evaluasi Metode dan Media
a.       Metode
·         Efektifitas metode dalam web pembelajaran ini.
·         Kesesuaian pemilihanmetode dengan tujuan pembelajaran
·         Kesesuaian pemilihan metode dengan fasilitas yang disediakan
b.      Media
·         Kemudahan mengakses link yang disediakan
·         Kemudahan dalam membuka video yang telah disediakan.












LAMPIRAN


















LAMPIRAN
Adapun isi lampiran ini adalah sebagai berikut :
a.      Siswa
                                       1.            Untuk membuat lembar kerja baru, maka ikon yang kita gunakan  adalah ....
                                       2.            Bagaimana Cara untuk membuat lembar kerja baru melalui keyboard ....
                                       3.            Ada berapa cara yang dapat kita gunakan untuk menyimpan dokumen yang telah kita buat pada program pengolah kata microsoft word? Sebutkan dan Jelaskan!
                                       4.            Jelaskan bagaimana cara menyimpan dokumen yang telah kita buat!
                                       5.            Jelaskan langkah- langkah menyimpan dokumen dengan nama lain!
b.      Guru
Evaluasi yang diberikan untuk guru berupa angket yang diberikan pada siswa, untuk mengetahui komentar siswa tentang tindakan guru dalam web pembelajaran tersebut. Angket itu berisi:
1.      Bagaimana isi pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam web pembelajaran, sesuai dengan isi materi atau tidak? Berikan alasanmu!
2.      Bagaimana guru menyikapi jawaban yang telah diungkapkan oleh siswa?
3.      Bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh guru dalam web pembelajaran ini dapat lebih menarik dan diminati oleh siswa Hang Tuah khususnya kelas X (sepuluh)? Kemukakan pendapatmu untuk memperbaiki web pembelajaran yang telah ada!

c.     Metode Dan Media
Evaluasi yang diberikan untuk mengukur ketepatan metode dan media adalah dengan melakukan observasi pada ketepatan media dan metode. Dan isi dari lembar observasi ini adalah:

1.      Bagaimana kecepatan dalam mengakses link video dan pdf pada web pembelajaran?
2.      Bagaimana dengan metode yang digunakan, sudah sesuai atau belum dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan?
3.      Bagaimana fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam web pembelajaran tersebut?


Metode dan media
1.    Bagaimanakah kemampuan website  pembelajaran ini dalam menyampaikan materi-materi pelajaran teknologi informasi dan komunikasi.
a.       Sangat baik
b.      Baik
c.       Cukup
d.      Kurang baik
2.    Bagaimana kejelasan isi materi-materi pada website pembelajaran.
a.       Sangat baik
b.      Baik
c.       Cukup
d.      Kurang baik
3.    Bagaimana kemampuan struktur penyajian materi video melalui website pembelajaran dalam memudahkan mahasiswa belajar.
a.       Sangat baik
b.      Baik
c.       Cukup
d.      Kurang baik
4.    Bagaimana tingkat kejelasan narasi audio yang bertujuan untuk lebih memperjelas tayangan video
a.       Sangat baik
b.      Baik
c.       Cukup
d.      Kurang baik
5.    Bagaimana tingkat kejelasan tayangan video untuk lebih memahami isi materi
a.       Sangat baik
b.      Baik
c.       Cukup
d.      Kurang
Untuk memperbaiki website ini harap brikan kritik dan saran agar website selanjutnya bisa lebih baik lagi.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
 
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar