SELAMAT DATANG DI BLOG MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2009 B, SEMOGA APA YANG KAMI APRESIASIKAN DIBLOG INI DAPAT BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUANYA...!!!

Selasa, 29 November 2011

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN

1.      JUDUL PROGRAM
Evaluasi Penggunaan Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (SMP) eLKISI Mojokerto


2.      SASARAN PELAKSANAAN EVALUASI (MENGAPA PERLU DIADAKAN EVALUASI)
Perkembangan Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi (IPTEK) di era globalisasi sesuai Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan begitu perkembangan IPTEK yang ada dapat dikuasai, dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dapat dikembangkan menjadi lebih baik. Pendidikan merupakan sarana dan wahana yang sangat baik di dalam pembinaan SDM, oleh karena itu pendidikan perlu  mendapat perhatian, penanganan dan prioritas secara baik oleh pemerintah, keluarga dan pengelola pendidikan. Pendidikan merupakan masalah yang sangat menarik untuk dibahas karena melalui usaha pendidikan diharapkan tujuan pendidikan akan segara
tercapai. Salah satu tujuan Pendidikan Nasional yang ingin dicapai dalam pembangunan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional yang menyatakan bahwa: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembang potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,  kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokrasi sehingga bertanggung jawab.

Prestasi belajar merupakan hasil dari usaha-usaha yang telah dilakukan. Belajar Biologi  memerlukan suatu strategi yang tepat supaya hasil yang yang dicapai maksimal dan berpengaruh berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Guru harus dapat memilih metode- metode yang sesuai dengan pokok bahasan yang disampaikan, dan juga mempunyai cara-cara yang menarik sehingga peserta didik mempunyai minat yang tinggi terhadap pembelajaran Biologi
Salah satu usaha guru dalam meningkatkan hasil belajar Biologi, siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran melalui tugas dan umpan balik. Dimana  tujuan pemberian tugas ini adalah siswa tetap belajar dirumah dan dapat dimanfaatkan waktu diluar jam
pelajaran sekolah, sehingga siswa yang kurang paham terhadap materi yang disampaikan akan menjadi lebih mengerti karena adanya latihan dirumah umpan balik disini berupa pembahasan kembali tugas yang diberikan pada materi terdahulu. Dengan umpan balik diharapkan siswa yang kesulitan mengenai konsep-konsep pada materi yang telah diberikan dapat terbantu sehingga prestasi belajar IPS siswa meningkat.
Dalam metode Mind Mapping siswa di kuatkan pada cara menghadapi persoalan dengan langkah penyelesaian yang sistematis yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali sehingga persoalan yang  dihadapi akan dapat diatasi. Sedangkan dengan latihan interaktif siswa diharapkan dapat berinteraksi dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dituntut untuk aktif secara langsung  dalam proses pembelajaran. Sehingga diharapkan kemandirian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Biologi dapat ditingkatkan.  Dengan demikian siswa belajar Biologi tidak hanya mendengarkan dan guru menerangkan didepan kelas saja, namun diperlukan keaktifan siswa didalam proses belajar mengajar.
Menurut Sujanto (1996:53) : 
Pelaksanaan pengajaran sering hanya si guru mendikte dan si anak yang mencatat dan kemudian menghafalkannya persis seperti bunyi catatatan dan sama sekali tidak ada kaitan dengan pengertian ataupun perubahan anak perbuatan anak karenanya.
maka Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengambil judul Evaluasi Penggunaan Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) eLKISI Mojokerto

3.      TUJUAN
Adanya tujuan dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting karena dengan tujuan yang tepat menjadikan tolok ukur keberhasilan dalam evaluasi. Adapun tujuan evaluasi yang ingin dicapai :
1.      Untuk mengetahui pengaruh metode  Mind Mapping terhadap prestasi belajar Biologi pada siswa kelas VII SMP eLKISI Mojokerto
2.      Untuk mengetahui pengaruh keaktifan terhadap prestasi belajar Biologi pada siswa kelas VII SMP eLKISI Mojokerto
3.  Untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping dan keaktifan belajar


4.      RUMUSAN MASALAH
1.  Apakah terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap prestasi belajar  Biologi pada siswa kelas VII SMP eLKISI Mojokerto?
2. Apakah terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar  Biologi pada siswa kelas VII SMP eLKISI Mojokerto?
3.      Apakah terdapat pengaruh metode Mind Mapping dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar Biologi pada siswa kelas VII SMP eLKISI Mojokerto?

5.      OBYEK SASARAN EVALUASI
Obyek sasaran dalm evaluasi program ini adalah Sekolah, dengan wawancara guru Biologi disekolah SMP eLKISI
Adapun sasaran kami adalah siswa Kelas VIII SMP eLKISI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar