SELAMAT DATANG DI BLOG MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2009 B, SEMOGA APA YANG KAMI APRESIASIKAN DIBLOG INI DAPAT BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUANYA...!!!

Senin, 28 November 2011

RIVIEW kARATE KID

The Karate Kid (2010)
Directed : Harald Zwart
Produced : Jerry Weintraub, Will Smith, Jada Pinkett Smith, James Lassiter, Ken Stovitz
Written : Christopher Murphey (screenplay), Robert Mark Kamen (story)
Starring : Jackie Chan, Jaden Smith, Taraji P. Henson
Music : James Horner
Cinematography : Roger Pratt
Editing : Kevin Stermer
Studio : Overbrook Entertainment/JW Productions/China Film Group
Distributed : Columbia Pictures
Time : 140 minutes
Country : United States, China
Language : English

Pemain :
-          Daniel LaRusso: Ralph Macchio
-          Mr. Kesuke Miyagi: Pat Morita
-          Ali Mills: Elisabeth Shue
-          John Kreese: Martin Kove
-          Lucille LaRusso: Randee Heller
-          Johnny Lawrence: William Zabka
-          Bobby: Ron Thomas
-          Tommy: Rob Garrison
-          Dutch: Chad McQueen
-          Jimmy: Tony O'Dell
-          Freddy Fernandez: Israel Jurabe
-          Jerry: Larry B. Scott
-          Mr. Mills: William Bassett
-          Referee: Pat E. Johnson



-         Sinopsis

Kisahnya Dre Parker (Jaden Smith) harus berpisah dari teman-temannya di Detroit dan pindah ke Beijing, China, karena tuntutan pekerjaan ibunya, Sherry (Taraji P Henson). Seperti biasa, proses beradaptasi dengan lingkungan baru adalah sesuatu yang sedikit susah untuk dilakukan, khususnya bagi anak-anak seusia Dre.
Perkenalannya dengan seorang gadis cantik, Mei Ying (Wen Wen Han), ternyata menyebabkan Dre menjadi tidak disukai oleh Cheng (Zhenwei Wang), pemuda yang telah lama menyukai Mei Ying. Bersama anggota gang-nya, Cheng seringkali menjadikan Dre sebagai “alat praktek” ilmu Kung-Fu yang selama ini mereka pelajari. Hal ini, tentu saja membuat Dre semakin merasa tidak betah untuk berada di China.
Beruntung, Dre kemudian bertemu Mr Han (Chan), seorang mekanik yang bekerja di apartemen mereka. Setelah sempat menolong Dre dari serangan Cheng dan teman-temannya, Mr Han kemudian bersedia untuk mengajarkan Dre beberapa teknik Kung-Fu, yang tentu saja dilakukannya untuk membantu Dre dalam menjaga dirinya. Namun, tantangan dari guru Kung-Fu Cheng, Master Li agar Dre mengikuti kompetisi Kung-Fu agar tidak diganggu lagi oleh Cheng dan teman-temannya, membuat Mr Han harus melatih Dre lebih keras lagi.

-         Judul
The Karate Kid [2010].





-         Tema dan maksud.

Seorang anak yang ikut ibunya untuk pindah dari kota New york ke China Beijing, dengan minim pengalaman keterampilan maupun bahasa anak tersebut bermain dengan teman teman yang asli china dan bertemu seorang anak cewek yang pandai bermain biola, ternyata anak cewek itu termasuk idola di lingungan teman temannya termasuk anak bernama cheng yang juga pandai kungfu dan tidak menyukai Dre Parker, masalah muncul dan cheng mencoba menggangu Parker dengan keahlian kungfunya.
Dari situ Parker mulai ingin belajar kungfu dan bertemu Han seorang mekanik dekat rumahnya, Han mengajarkan teknik kungfu kepada Parker untuk menjaga dirinya bukan untuk berkelahi, Pada suatu turnamen Parker mengikutinya dan bertemu Cheng, Dan yang akhirnya pertandingan itu dimenangkan oleh Dre yang sudah ahli bela diri Kungfu.

-         Karakteristik.

“Mr. Han” seorang mekanik yang juga berasal dari china yang diperankan oleh aktor terkenal yaitu Jackie Chan, dengan karakter seorang pendiam dan sesekali juga humoris tenyata dibalik itu Mr. Han mempunyai kemampuan Kungfu yang mahir dan kemudian diajarkan kepada Parker untuk menjaga diri.
“Parker” seorang anak berkulit hitam yang berasal dari Detroit yang diajak ibunya untuk pindah ke Beijing, di lingkungan barunya parker sering mendapat gangguan dari anak asli Beijing yang juga mempunyai kemampuan kungfu, dari situ Parker mempunyai keinginan untuk belajar kungfu dan bertemu Mr. Han yang juga mempunyai kemampuan kungfu.
“Sheril Parker” dia seorang ibu Dre Parker yang mempunyai karakter kuat sama seperti anaknya dalam film ini, mereka berasal dari Amerika berkulit hitam dengan gaya bicara yang keras dan juga dia mempunyai kedisiplinan tinggi.
“Meying” seorang anak cewek berasal dari Beijing yang pertama kali dikenal oleh Dre Parker, dia seorang anak cewek yang ahli bermain biola dimana pun, kapan pun dia selalu rajin berlatih, dia ternyata juga tertarik dengan Dre Parker karena baik hati, Namun dia selalu diawasi orang tuanya dan juga Cheng yang suka dengan Meying.
“Cheng” seorang anak cowok yang juga berasal dari Beijing, dia tertarik oleh Meying dan selalu mengawasi kegiatan meying, dia juga ahli kungfu namun dia tidak suka dengan adanya Dre Parker yang mendekati Meying dari situ Cheng menantang Parker untuk menantang.
Dialog yang digunakan secara umum adalah bahasa Inggris, Namun dalam film ini juga banyak diselingi bahasa mandarin karena lokasi juga berada di Beijing, Mr. Han mempunyai kemampuan multybahasa yaitu bahasa Inggris dan Mandarin sehingga juga memudahkan untuk berkomunikasi dengan Parker yang hanya mempunyai kemampuan berbahasa Inggris.
Aksi yang terkesan dalam film ini adalah teknik kungfu yang dimiliki oleh Mr.han dan juga yang dimiliki oleh peain kungfu lainnya.
Ikatan batin antara Parker dengan Mei Ying langsung ketika pertama kali bertemu dan juga ikatan emosional yang kuat ketika bertemu cheng yang ternyata mempunyai kemampuan kungfu.
Dalam nama tokoh film ini menggambarkan nama 2 tokoh yang berasal dari amerika yaitu Parker dan Mr. han yang berasal dari China Beijing.





-         Konflik

Jika dalam suatu film tidak ada konflik maka tidak akan ada ceritanya. Konflik adalah sumber utama sebuah cerita. Dalam cerita ini terdapata banyak konflik yang memberikan warna lain dari film karate kid salah satunya pada saat pertandingan antara Parker melawan Cheng yang dimenangkan oleh Parker yang sudah belajar dan menguasai kungfu.


-         Alur dan plot

12 tahun Dre Parker (Jaden Smith) dan ibunya Sherry (Taraji P. Henson) pindah ke Beijing dari West Detroit setelah dia mendapat transfer dalam pekerjaan di pabrik mobil. Dre mengembangkan naksir seorang pemain biola muda, Mei Ying (Wenwen Han), yang membalasnya perhatiannya, tapi Cheng (Zhenwei Wang), sebuah kung fu ajaib yang keluarganya dekat dengan Mei Ying, upaya untuk memisahkan mereka dengan mengalahkan Dre, dan kemudian hasil untuk menggertak dia dalam dan di sekitar sekolah. Setelah kunjungan lapangan ke Kota Terlarang, Dre pertemuan Cheng dan teman-temannya berkumpul dekat apartemennya. Dre mencoba untuk melewati tanpa mereka melihatnya. Ketika ia menemukan sebuah ember minyak, Dre akan balas dendam dengan memercikkan minyak sekitar Cheng dan teman-temannya. Cheng dan yang lain mengejar dan menangkap Dre, mengalahkan dia. Selama serangan brutal, pria misterius pemeliharaan gedung Dre, Mr Han (Jackie Chan), datang untuk membantu Dre, mengungkapkan dirinya sebagai seorang master kung fu yang mengirimkan Dre penyiksa itu.       

Setelah cedera mends Han Dre yang menggunakan api bekam, Dre bertanya apakah Mr Han bisa mengajarinya Kung-Fu. Han menolak, tetapi memutuskan untuk bertemu guru Cheng, Guru Li (Yu Rongguang), untuk membuat perdamaian. Li, yang mengajarkan murid-muridnya untuk menunjukkan belas kasihan kepada musuh-musuh mereka, tantangan Dre untuk bertarung dengan Cheng. Ketika Han menurun, Li mengatakan mereka tidak akan diizinkan untuk meninggalkan sekolah, kecuali jika Dre atau Han perkelahian. Han acquiesces, tetapi menegaskan pertarungan berlangsung di sebuah turnamen yang akan datang, dan bahwa siswa Li meninggalkan Dre sendiri sampai turnamen. Li setuju, tapi mengatakan bahwa jika Dre Han tidak muncul selama turnamen ia secara pribadi akan membawa rasa sakit untuk Han dan Dre.

Dre terkejut ketika Han mengatakan bahwa ia akan bertarung di turnamen kung fu. Han janji untuk mengajarkan kung fu yang sebenarnya Dre. Han dimulai pelatihan Dre, tapi Dre frustrasi bahwa Han hanya memiliki Dre menghabiskan berjam-jam melepas jaketnya, menggantung itu, menjatuhkannya, dan kemudian menempatkan kembali lagi. Setelah hari ini, Dre menolak untuk melanjutkan sampai Han menunjukkan bahwa gerakan-gerakan tangan berulang-ulang adalah metode Han pengajaran seni bela diri Dre teknik, yang menampilkan secara naluriah Dre ketika diminta oleh serangan mengejek Han. Han menekankan bahwa gerakan Dre adalah belajar menerapkannya dalam kehidupan pada umumnya, dan bahwa ketenangan dan kedewasaan, tidak pukulan dan kekuasaan, adalah kunci benar untuk menguasai seni bela diri. Selama satu pelajaran di Pegunungan Wudang, Dre pemberitahuan seorang praktisi kung fu ternyata perempuan menyalin gerakan kobra di hadapannya, tapi Han memberitahu dia bahwa itu adalah kobra yang meniru wanita, seperti dalam refleksi cermin. Dre ingin Han untuk mengajarinya teknik ini, yang meliputi menghubungkan tangan dan kaki Han ke rumah Dre melalui poros bambu sambil melatih bentuk mereka, tetapi upaya berikutnya Dre untuk menggunakan teknik ini
reaksi tentang ibunya tidak berhasil.

Seperti Dre persahabatan dengan Mei Ying terus, Dre membujuk Mei Ying untuk memotong sekolah untuk hari yang menyenangkan, tetapi ketika dia hampir terlambat untuk resital biola orangtuanya anggap dia pengaruh buruk dan melarang dia dari menghabiskan lebih banyak waktu dengan dia. Ketika Dre menemukan Han mabuk, sedih dan melanggar mobil yang telah di ruang tamunya, Dre belajar bahwa itu adalah ulang tahun istri Han dan kematian anak, yang terjadi ketika ia kehilangan kendali mobil karena kemarahan yang disebabkan dari sebuah argumen dia mengalami dengan istrinya.
Dre mengingatkan Han bahwa salah satu pelajaran di ketekunan, dan Han yang perlu untuk menyembuhkan dari kerugian nya. Han Dre membantu dalam membaca catatan permintaan maaf kepada ayah Mei Ying dalam bahasa Cina, ia menerima dan berjanji bahwa ia dan Mei akan menghadiri turnamen untuk mendukung Dre.       

Pada turnamen tersebut, di bawah-percaya diri Dre lambat untuk mencapai paritas dengan lawan-lawannya, tetapi segera dimulai pemukulan mereka dan maju ke semifinal, seperti halnya Cheng, yang dengan keras selesai dari lawan-lawannya. Dre datang melawan Liang, yang lain siswa Li, yang diinstruksikan oleh Li untuk melukai kaki Dre itu. Ketika Liang menegaskan bahwa ia bisa mengalahkan Dre, Li tegas mengatakan bahwa ia tidak ingin dia dipukuli,
Meskipun Liang didiskualifikasi karena serangani legalnya, Dre yang lumpuh.    

Meskipun desakan Han bahwa ia telah menerima penghargaan untuk penampilannya dalam turnamen, Dre meyakinkan Han untuk memperbaiki kakinya dengan menggunakan api cupping untuk melanjutkan turnamen. Dre kembali ke arena, menghadap Cheng. Dre memberikan pukulan mengesankan, tapi counter Cheng dengan pemogokan untuk Dre kaki terluka. Dre perjuangan untuk bangun, dan upaya teknik refleksi untuk memanipulasi gerakan Cheng, tapi Dre membalik dan menangkap Cheng dengan tendangan ke kepalanya, memenangkan turnamen bersama dengan hormat dari teman-teman sekelasnya Cheng dan. Setelah ini Dre
mendapatkan penghargaan trofi, bukan presenter, dengan senyum yang menandakan bahwa ia Dre tidak perlu takut lagi.








-         Setting.
Faktor temporal (waktu), masa pada saat itu terjadi ketika siang hari, ketika malam hari terjadi lebih sedikit di bandingkan adegan pada siang hari.
Faktor geografik, tempat cerita di ambil di dua tempat yaitu New york dan juga Beijing, dalam setting film ini sangat menarik karena mengambil dua lokasi antara negara Amerika dan China meskipun China lebih banyak karena juga sesuai cerita.
Faktor ekonomi yang berlaku pada saat itu diambil dengan kehidupan ekonomi menengah kebawah, menggambarkan keadaan rumah dan lingkungan yang di diami oleh Parker beserta ibunya, Faktor ekonomi menengah kebawah juga dapat dilihat oleh profesi Mr.han yaitu montir bengkel.
Faktor adat dan budaya yang berlaku saat itu kental dengan suasana china, tergambar dengan bangunan yang masih asli dan juga pakaian yang dipakai oleh penduduk asli Beijing, dengan kemampuan kungfu yang dimiliki oleh penduduk asli itu menunjukkan bahwa mereka tetap menjaga dan melestarikan budaya kungfu.

1 komentar:

  1. Diah Kartini_242>>
    menurut saya antara isi film dengan judul tidak singkron..........hehe ^_^

    BalasHapus