SELAMAT DATANG DI BLOG MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2009 B, SEMOGA APA YANG KAMI APRESIASIKAN DIBLOG INI DAPAT BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUANYA...!!!

Selasa, 29 November 2011

PENGERTIAN STRATEGI, METODE, TEKNIK DAN TAKTIK

Pengertian Strategi

Dari  pendekatan  pembelajaran  yang  telah  ditetapkan  selanjutnya  diturunkan  ke dalam strategi pembelajaran. Strategi dalam kegiatan pembelajaran dapat diartikan dalam pengertian secara sempit dan  pengertian secara luas.   Dalam pengertian sempit bahwa istilah strategi itu sama dengan pengertian metode  yaitu sama-sama merupakan cara dalam   rangka  pencapaian  tujuan.  Dalam  pengertian  luas  sebagaimana  dikemukakan Newman  dan  Logan   (Abin  Syamsuddin  Makmun,  2003)  mengemukakan  empat  unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:
1.    Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran
(target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.
2.    Mempertimbangkan  dan  memilih  jalan  pendekatan  utama  (basic  way)  yang  paling efektif untuk mencapai sasaran.
3.    Mempertimbangkan  dan  menetapkan  langkah-langkah  (steps)  yang  akan  dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.
4.    Mempertimbangkan   da menetapkan   tolo uku (criteria)   dan   patokan   ukuran
(standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.
Jika kita terapkan dalam konteks pembelajaran, keempat unsur tersebut adalah:
1.    Menetapkan  spesifikasi  dan  kualifikasi  tujuan  pembelajaran  yakni  perubahan  profil perilaku dan pribadi peserta didik.
2.    Mempertimbangkan  dan  memilih  sistem  pendekatan  pembelajaran  yang  dipandang
paling efektif.
3.    Mempertimbangkan  dan  menetapkan  langkah-langkah  atau  prosedur,  metode  dan teknik pembelajaran.
4.    Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan.
Sementara   itu Kemp   (Win Senjaya,   2008 mengemukakan   bahw strategi pembelajaran  adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar  tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai  secara efektif dan  efisien. Selanjutnya,  dengan mengutip pemikiran J. R David, Wina Senjaya  (2008)  menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran  terkandung  makna  perencanaan.  Artinya,  bahwa  strategi  pada  dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil  dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.



C.   Pengertian Metode, Teknik dan Taktik

Metode  merupakan  langkah  operasional  dari  strategi  pembelajaran  yang  dipilih dalam  mencapai  tujuan belajar, sehingga bagi sumber belajar dalam menggunakan suatu metode pembelajaran  harus disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan. Ketepatan penggunaan  suatu  metode  akan   menunjukkan  fungsionalnya  strategi  dalam  kegiatan pembelajaran.
Istilah metode dapat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, sebab secara umum menurut kamus Purwadarminta (1976), metode adalah cara yang telah teratur dan terfikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode berasal dari kata method (Inggris), artinya melalui, melewati, jalan atau cara untuk memeroleh sesuatu.
Berdasarkan    pengertian  tersebut  di  atas  jelas  bahwa  pengertian  Metode  pada prinsipnya sama yaitu merupakan suatu cara dalam rangka pencapaian tujuan, dalam hal ini dapat menyangkut dalam  kehidupan ekonomi, sosial, politik, maupun keagamaan. Unsur unsur metode dapat mencakup prosedur,  sistimatik, logis, terencana dan aktivitas untuk mencapai tujuan. Adapun metode dalam pembahasan ini  yaitu metode yang digunakan dalam  proses  pembelajaran.  Pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  setiap  upaya  yang sistimatik  dan  disengaja untuk  menciptakan  kondisi-kondisi  agar  kegiatan  pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat lepas   dari   interaksi   antara   sumbe belajar   dengan   warga   belajar,   sehingga   untuk melaksanakan interaksi tersebut diperlukan berbagai cara dalam pelaksanaannya. Interaksi dalam pembelajaran tersebut dapat diciptakan  interaksi satu arah, dua arah atau banyak arah. Untuk masing-masing jenis interaksi tersebut maka jelas diperlukan berbagai metode yang tepat sehingga tujuan akhir dari pembelajaran tersebut dapat tercapai.
Metode     dalam    pembelajaran      tidak    hanya    berfungsi    sebagai     cara     untuk menyampaikan materi saja, sebab sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran mempunyai tugas cakupan  yang luas yaitu disamping sebagai penyampai informasi juga mempunyai tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran sehingga warga belajar  dapat belajar untuk mencapai tujuan belajar secara tepat. Jadi,  metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara  yang  digunakan  untuk  mengimplementasikan  rencana  yang  sudah  disusun  dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar